Afdhol mana sih sholat ashar di awal waktu tetapi sendirian atau sholat berjama’ah tetapi hampir akhir waktu?


Saya seorang pegawai swasta yang tiap harinya pulang pukul 17.00, tentunya saya mesti (baru bisa) sholat ashar pada pukul 16.45 (hampir akhir waktu). Afdhol mana sih sholat ashar di awal waktu tetapi sendirian atau sholat berjama’ah tetapi hampir akhir waktu?

Jawaban:
Sejatinya setiap orang yang mengaku sebagai hamba Allah harus mendahulukan perintah Allah daripada perintah-perintah selain Allah. Suara adzan sebagai tanda masuk waktu sholat adalah panggilan Allah kepada para hamba-Nya untuk segera menghadap dan memenuhi kewajiban-Nya. Allah berfirman: “Peliharalah semua shalatmu, dan peliharalah shalat wusthaa” (QS. Al-Baqarah: 238). [Shalat wusthaa ialah shalat yang di tengah-tengah dan yang paling utama. Ada yang berpendapat, bahwa yang dimaksud dengan shalat wusthaa ialah shalat Ashar. Menurut kebanyakan ahli hadits, ayat ini menekankan agar semua shalat itu dikerjakan dengan sebaik-baiknya]. Termasuk mengerjakan sholat dengan sebaik-baiknya ialah melaksanakannya pada awal waktu. Namun banyak di antara kita yang menganggap bahwa pekerjaan atau kesibukan duniawi adalah segalanya sehingga dapat mengalahkan keutamaan sholat pada awal waktu, bahkan tidak sedikit yang berani mengabaikan kewajiban sholat itu sendiri.
Kalau boleh dibandingkan antara keutamaan sholat di awal waktu tetapi sendiri dengan sholat berjamaah tetapi sudah mendekati akhir waktu, maka berdasarkan hadits shohih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari bahwasanya Ibnu Mas’ud pernah bertanya kepada Rasulullah tentang amalan apa yang paling utama, Rasulullah menjelaskan bahwa amal soleh yang paling utama adalah sholat pada awal waktu. Sedangkan tentang sholat berjamaah Rasulullah menjelaskan bahwa sholat yang dilakukan secara berjamaah melebihi 27 derajat daripada sholat sendirian. Dengan demikian dapat dipahami bahwa sholat pada awal waktu namun sendirian menjadi lebih utama (afdhol) daripada sholat berjamaah akan tetapi sudah di akhir waktu. Demikian pendapat Imam Syafi’i dalam kitabnya al-Umm. Kecuali apabila penundaan sholat karena alasan menanti pelaksanaan sholat berjamaah maka dalam hal ini pelaksanaan sholat berjamaah menjadi lebih utama itupun kalau sholat berjamaahnya tidak melewati pertengahan waktu. Namun persoalan yang dihadapi oleh penanya adalah kesibukannya dengan pekerjaan menjadikannya tidak bisa berjamaah pada awal waktu padahal di suatu tempat yang mungkin tidak berjauhan dari tempat kerjanya sedang berlangsung sholat berjamaah segera setelah masuk waktu ashar.
Dalam riwayat Imam Muslim Rasulullah saw. menyatakan bahwa akan datang para pemimpin yang dengan sengaja menunda-nunda sholat dari awal waktunya. Beliau memerintahkan “lakukanlah sholat pada awal waktu dan jadikanlah sholat bersama pemimpin (imam) kalian sebagai sholat sunnat”. Alangkah baiknya bila anjuran Rasulullah saw ini dapat dilakukan untuk meraih kedua keutamaan, yaitu keutamaan sholat di awal waktu dan keutamaan sholat berjamaah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: